Aragon Dalam Angka

GP Aragon menyuguhkan berbagai fakta seputar MotoGP

Menjelang GP Aragon pekan ini ada beberapa fakta menarik sekitar balapan di sini🙂

232 – Dani Pedrosa sudah mengumpulkan 232 poin dari 13 race pertamanya tahun ini. Jika ia finish pertama atau kedua di Aragon maka ia akan mengumpulkan poin lebih dibandingkan keseluruhan poinnya selama satu musim penuh di MotoGP sebanyak 249, pada tahun 2008.

99 – Spanyol adalah negara yang paling banyak menghelat pagelaran MotoGP. Ini adalah event MotoGP yang ke-99 di gelar di Spanyol, termasuk GP  Catalunya, Madrid, Europe, FIM, Valencia dan Portugal. Adapun sirkuit yang pernah digunakan adalah Jerez, Catalunya, Jarama, Montjuic  dan Ricardo Tormo di Valencia.

94 – Kemenangan Jorge Lorenzo di GP San Marino adalah kemenangannya yang ke-94 sepanjang karir GPnya. Sekali lagi Lorenzo finish podium maka ia akan menyamai rekor Mick Doohan selama karir GP yang diikutinya. Saat ini Doohan adalah pembalap ke-10 yang paling sukses finish podium dalam sejarah MotoGP

45 – Sewaktu hari race di Aragon nanti, itu bersamaan dengan GP Kanada tahun 1967 atau 45 tahun silam di Sirkuit Mosport. Satu-satunya GP Kanada dan didominasi oleh pembalap Inggris. Bill Ivy meraih kemenangan di kelas 125 cc sementara Mike Hailwood di kelas 250 dan 500cc. Ini untuk kali terakhir pembalap Inggris meraih kemenangan di semua kelas.

27 – Pada kualifikasi GP Aragon nanti Dani akan  merayakan ulang tahunnya yang ke-27.

24 – Nico Terol akan berulang tahun ke -24 sehari sebelum sesi latihan bebas digelar di Aragon.

23 – Dani Pedrosa pole di San Marino adalah pole nya yang ke-23 di kelas MotoGP yang memberikannya rekor sebagai pembalap Spanyol yang mengumpulkan pole terbanyak di kelas utama, satu lebih banyak dibanding Jorge Lorenzo.

22 – Di race Aragon nanti adalah ulang tahun ke-22 Dominique Aegerter.

21 – Pada saat kualifikasi GP Aragon nanti tepat 21 tahun untuk pertama kalinya diselenggarakan GP Malaysia di Sirkuit Shah Alam tahun 1991. Pemenang di kelas 500cc adalah John Kocinski – ini merupakan kemenangan pertamanya di kelas utama.

2 – Aragon adalah salah dua dari sirkuit di mana Jorge Lorenzo belum pernah meraih kemenangan di ketiga kelas, satunya di Sirkuit Sachsenring.

2 – Aragon adalah salah dua dari sirkuit di mana Valentino Rossi belum pernah naik podium di kelas MotoGP, satunya di Silverstone.

0 – Tak satupun dari pembalap MotoGP yang akan mengikuti race besok yang pernah menang di Aragon di ketiga kelas.

0 -Tak seorang pun dari pembalap MotoGP yang akan mengikuti race besok sebelumnya memulai GP dari pole position di ketiga kelas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: