Graziano Rossi : “Valentino Rossi Mimpi Yang Jadi Nyata”

Graziano mengatakan usai MotoGP Rossi akan ke WSBK

Valentino Rossi bagaikan lahir kembali. Ketika hubungan antara Valentino dan Ducati ditakdirkan sebagai pasangan yang paling mengecewakan dalam sejarah olahraga MotoGP, Misano akhirnya menjadi tempat di mana untuk pertama kalinya Rossi meraih podium di lintasan kering. Tokoh utama MotoGP yang luar biasa, dan satu-satunya pembalap yang bisa mengobarkan semangat kerumunan penontonūüėÄ sudah kembali. Kali ini ayah Valentino Rossi memberikan sedikit komentarnya mengenai Valentino Rossi setelah meraih podium dua Misano.

Valentino meraih podium kedua  dan penampilan terbaiknya di di trek kering. Apakah ini artinya mimpi yang jadi nyata?
“Setelah dua tahun kini bisa katakan Desmosedici sudah mulai kompetitif. Saya berpikir tentang dua hal bahwa menjadi tokoh utama maupun protagonis tak ¬†akan cukup hanya dengan perubahan fisik kecil. Mereka butuh perubahan besar seperti halnya rangka baru yang memberikan kestabilan dan menghemat ban. Dan akhirnya dengan harapan bahwa di lima race terakhir ini dapat menghantar Valentino dan Ducati ke podium”.

Hasil di  Misano, sirkuit yang telah diganti namanya dengan Marco Simoncelli menjadikan event ini lebih special. Ini meyakinkan bahwa Sic lah yang membantu Rossi meraih podium dua ini.
“Jujur, saya tak berpikir begitu. Meski tak dapat dielakkan hubungan Marco dan Vale begitu istimewa. Cinta yang berasal dari dalam jiwa. Persahabatan mereka tulus dan tetap bertahan meski keduanya adalah rival di MotoGP. Tapi takdir tak mengizinkan keduanya untuk terus bersaing, namun bagus kegembiraan yang luar biasa yang diraih di Misano ini diperuntukkan bagi Sic dan keluarganya”.

Setelah balapan Lorenzo menekankan bahwa Valentino akan sulit bersaing di Yamaha di kejuaraan dunia. Apa pendapat ada?
“Saya rasa race di Misano tadi adalah jawaban bagi mereka yang selama ini meragukan kembali kompetitifnya ia. Jika saya mengatakan sebenarnya terkadang ketakutan ini membuatku tidak mempercayai anakku. Saya rasa pernyataan tersebut akan menghilang dan di hatinya Vale sadar bahwa ia masih memiliki standar nya seperti biasa bisa bertarung untuk menang dari awal. Tapi ini hanya terkaanku karena saya tak pernah bicara dengannya tentang hal ini. Saya hanya bercakap-cakap dengan Valentino ¬†di akhir sesi latihan di ranch ketika kami makan sosis bersama teman-temannya menonton TV”.

Jadi tahun depan yang akan memperebutkan gelar juara adalah Lorenzo, Pedrosa dan Rossi sedang yang lain hanya menonton?
“Saya pikir Valentino butuh beberapa putaran dulu bersama M1, itu penting. Saya rasa perebutan gelar juara bukan hanya oleh ketiga itu, akan ada¬†Marquez, Bautista, Bradl dan Iannone, yang saya kenal di ranch, saya tahu benar karakternya”.

Akan ada 4 pembalap Ducati tahun depan : Iannone, Dovizioso, Hayden dan Spies. Bagaimana anda melihat pengembangan Borgo Panigale tersebut tahun depan?
“Saya bisa memberitahukan anda mimpi Valentino. Yakni setelah diumumkannya kontraknya dengan Yamaha yang berarti ia semakin dekat dengan podium dan ketika ia menang dengan Ducati yang artinya bahwa kerja kerasnya selama 2 tahun tidak sia-sia. Dan meski di balik kesulitan itu ia masih bisa mengembangkan agar Desmosedici kompetitif. Mimpi ini terwujud di Misano”.

Minggu ini Valentino akan mengendarai Ferrari di Nurburgring. Kecintaannya terhadap balap roda empat masih ada. Akankah ini tujuannya di masa yang akan datang?
“Saya rasa ia akan berada di MotoGP beberapa tahun lagi. Pasti di hatinya masih ada keinginan untuk memenangkan race dan meraih juara. Kemudian 3-4 tahun lagi ia akan ke Superbike dengan proyek dari Yamaha. WSBK akhir-akhir ini memberikan tontonan yang bagus dan balapan seru. Saya rasa orang seperti Valentino bisa memberikan kepuasan dan emosi luar biasa bagi penonton.”

Tinggalkan Balasan

