Ducati Berencana Melakukan Tes Swingarm Aluminium

Swing arm aluminium memberikan respon yang berbeda ketika di Mugello dan Catalunya

Proyek swing arm aluminium Ducati belum kelar sepertinya, dan Valentino Rossi bisa mengevaluasinya selama satu hari setelah race di Mugello. Pada tes di Mugello sebelumnya Rossi menyukai swing arm aluminium karena memberikannya rasa percaya diri.

Namun sebaliknya dengan Nicky Hayden, ia terihat kurang antusias dengan swing arm aluminium yang dirasanya malah menimbulkan chattering, sehingga pembalap Amerika tersebut tidak memakainya sewaktu race baru-baru ini di Catalunya.

Rossi benar-benar menguji part baru tersebut namun sewaktu di Barcelona ia harus menghadapi masalah chatter front end.

“Pada saat saya melakukan kemiringan maksimum dan mengerem, begitu banyak chatter yang terjadi, sehingga saya harus melambat”, kata juara dunia 9x tersebut. Selanjutnya Rossi terus memakai swing arm karbon dan mengetesnya swing arm aluminium kembali sewaktu tes pasca race di Catalunya.

Tapi sekali lagi ia harus berjuang dengan masalah chatter, Rossi bingung mengapa swing arm aluminium swingarm ini di Mugello bisa begitu bagus sewaktu di Mugello namun sebaliknya di Catalunya tidak begitu. Rossi bahkan tidak memasukkan swingarm aluminium di GP12 sewaktu tes di Aragon, kepala kru Jeremy Burgess pun menyatakan bahwa proyek tersebut akan ditangguhkan.

“Kadang di dalam proyek kita harus maju, atau sebaliknya, saya rasa kami akan mengenyampingkannya karena yang kami punya sekarang bagus untuk kami”, ujar Burgess. “Apakah anda akan membuat swing arm aluminium yang memiliki kekakuan torsi dan rigiditas yang sama? Atau anda tetap memakai yang anda sudah punya sekarang?”

“Apakah aluminium bertujuan untuk mengurangi biaya, karena jika berbicara tentang kekakuan, swing arm karbon sudah memenuhi hal tersebut”, tambah Burgess.

Tim Bos Ducati, Vittoriano Guareschi, menyatakan bahwa proyek swing arm aluminium akan ditinjau lagi nanti dan ia mengatakan kepada MCN bahwa mereka memproduksi dua swing arm aluminium yang berbeda, meski itu bukan suatu langkah besar.

“Bisa saja kita tetap mempertahankan hal yang baik (swingarm karbon) tetapi kita juga harus membuat terobosan, namun saat ini kami tidak memiliki waktu  untuk melakukannya”, ujarnya.

“Kami tidak akan membuang swing arm ini sia-sia, tapi kami butuh waktu dan setelah minggu-minggu sibuk ini kami bisa mengetesnya hari Minggu setelah race di Mugello untuk memperbaiki set up. Kami membuat ini untuk meningkatkan masalah cengkeraman belakang, Valentino mengatakan bahwa hasilnya lebih baik namun kami punya masalah lain”, papar Guareschi.

“Masalahnya adalah chattering, dan kami sedang berusaha menyelidikinya, aluminium swing arm adalah solusi bagi Yamaha dan Honda dan kami harap bersama aluminium swing arm kami juga bisa melakukan set up motor dengan baik di masa yang akan datang”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: